Senin, 03 Oktober 2016

Jenis Jenis Pekerjaan



Jenis-Jenis Pekerjaan


            Pekerjaan dalam arti luas adalah aktivitas utama yang dilakukan oleh manusia. Dalam arti sempit, istilah pekerjaan digunakan untuk suatu tugas atau kerja yang menghasilkan uang bagi seseorang. Dalam pembicaraan sehari-hari istilah ini sering dianggap sinonim dengan profesi. Jadi pekerjaan adalah suatu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh manusia atau seseorang yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya karena dengan seseorang mempunyai pekerjaan maka kebutuhan hidup seseorang bisa terpenuhi.
Pekerjaan dibedakan menjadi dua, yaitu pekerjaan yang dapat menghasilkan barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan berikut ini.
1.      Pekerjaan yang Menghasilkan Barang
Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah pekerjaan yang menghasilkan suatu barang yang bisa digunakan oleh seseorang. contoh dari pekerjaan yang menghasilkan barang antara lain:
a.       Penjahit
               Penjahit menghasilkan barang berupa pakaian.
b.      Petani

                 Para Petani setiap pagi berangkat ke sawah untuk menanam padi dan setelah panen tiba maka para petani telah menghasilkan padi dan padi merupakan suatu bentuk barang.maka seorang petani dapat di katakan sebagai pekerjaan yang menghasilkan barang.ketika sudah panen maka padi itu akan bisa di jual di toko-toko sebagai bahan pokok bagi masyarakat.

c.       Nelayan
                  Nelayan adalah pekerjaan yang bekerja di laut untuk mencari ikan, kemudian ikan-ikan tersebut dijual agar menghasilkan uang.

d.      Pembuat Mebel
                Pada  gambar di atas adalah pak Raden yang sedang mengerjakan pekerjaannya dengan membuat meja,kursi dan lain-lainnya . Pak Raden sering sekali membuat lemari,meja ,kursi dan lainya sesuai dengan pesanan oranr-orang. pekerjaan yang di lakukan olehPak Raden  merupakan pekerjaan yang menghasilkan barang.

e.       Penjual Kue
                 Gambar di atas adalah Ibu Rere. Bu Rere adalah ibu rumah tangga yang senang membuat kue. kemudian Bu Rere sering menerima pesanan dari tetangga-tetangganya yang ingin dibuatkan kue olehnya. Kemudian dari situ Bu Rere mendapatkan uang dari hasil jualan kue. 

2.      Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa
Pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah pekerjaan yang hasilnya tidak dalam bentuk barang tetapi hasil pekerjaannya dapat dirasakan.
a.       Guru 
              Guru merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa ,karena  seorang  guru bekerja untuk mengajar dan mendidik siswa.

b.      Dokter
              Dokter merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa karena dokter itu bekerja untuk membantu memeriksa kesehatan pasien  dan menyembuhkan pasien.

c.       Polisi
             Polisi merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa karena polisi bertugas untuk menjaga,mengayomi dan melindungi keamanan masyarakat

d.      Tukang Becak

    Tukang Becak merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa karena ia melayani para pelanggan untuk mengantarkan ke tempat tujuan serta jasanya itu bisa dinikmati oleh pelanggannya ,

e.       Sopir
                Seorang supir merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa karena seorang supir itu bukan pekerjaan yang menghasilkan barang melainkan pekerjaan yang menghasilkan jasa karena seorang sopir itu bisa melayani mengantarkan penumpang ke tempat yang di tuju oleh penumpang

 Orang harus mempunyai semangat dalam melakukan setiap pekerjaan. Semangat kerja yang tinggi akan mendapatkan hasil yang maksimal. Semangat kerja yang tinggi juga dapat meningkatkan prestasi. Prestasi kerja yang tinggi akan mendatangkan upah yang tinggi pula. Jadi, semangat kerja harus kita miliki, agar setiap pekerjaan yang kita lakukan hasilnya baik.

0 komentar:

Posting Komentar